• Sunday 1st of August 2021 02:54:18 PM

Sejarah

Sejalan dengan mendesaknya kebutuhan guru kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Provinsi Kalimantan Tengah, pada tahun 1984 diadakan program kerjasama antara Universitas Palangka Raya dengan IKIP Malang untuk membuka Kelas Jauh IKIP Malang di Universitas Palangka Raya. Tindak lanjut program kerjasama tersebut, pada tahun 1985 dibuka Kelas Jauh IKIP Malang di Universitas Palangka Raya yang terdiri dari 3 (tiga) Program Studi, yaitu Program Studi Pendidian Fisika, Program Studi Pendidikan Biologi dan Program Studi Pendidikan Kimia untuk Jenjang Diploma Tiga (D3).


Selama penyelenggaraan Kelas Jauh ini setiap semester secara bergantian dosen-dosen dari Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) IKIP Malang datang memberi kuliah di Kelas Jauh Diploma Tiga (D3) Program Studi Pendidian Fisika, Program Studi Pendidikan Biologi dan Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Palangka Raya. Ijazah para lulusan diterbitkan oleh FPMIPA IKIP Malang. Program kerjasama Kelas Jauh ini berkahir pada tahun 1989, namun demikian sampai dengan tahun ajaran 1995/1996 dosen-dosen dari FPMIPA IKIP Malang masih membantu mengajar dalam waktu-waktu tertentu. Dengan diterbitkannya Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 35/DDTI/KEP/1989 tanggal 27 Maret 1989 tentang terbentuknya Program Studi Pendidian Fisika, Program Studi Pendidikan Biologi dan Program Studi Pendidikan Kimia, maka ketiga Program Studi tersebut secara resmi sudah termasuk ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya. Pendirian Jenjang Strata Satu (S1) Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya resmi setelah diterbitkan Surat Keputusan Nomor: 29/DIKTI/KEP/1989 pada tanggal 15 Maret 1989 yang ditanda tangani oleh Pejabat Dirjen Dikti Sukadji Ranuwiharjo.

Penyelenggaraan Jenjang Strata Satu (S1) Program Studi Pendidikan Kimia dimulai bulan Agustus tahun 1990 sebagai angkatan pertama. Berdasar Surat Keputusan BAN PT Nomor: 019/BAN-PT/Ak-VIII/S1/IX/2010 Jenjang Strata Satu (S1) Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya memperoleh Nilai Akreditasi B. Pada tahun 2015 Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya kembali mengajukan penilaian akreditasi Program Studi. Atas kerja keras, kerjasama dan usaha dosen-dosen Program Studi Pendidikan Kimia kembali BAN-PT memberikan nilai akreditasi B berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor: 990/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015. Pada tahun 2020, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya kembali mengajukan perpanjangan akreditasi dengan nilai B dan ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor: 5560/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IX/2020 berlaku sejak tanggal 13 September 2020 sampai dengan 13 September 2025.